Jumat, 30 September 2011

Apa kabar Permainan Tradisional kita??

Saat ini rasanya hal yang unik kalau kita masih bisa menyaksikan ada anak yang main permainan tradisional seperti apa yang masih bisa kita temui dulu -mungkin penulis merupakan generasi akhir yang masih bisa merasakan permainan-permainan tersebut-.

Entah karena jaman yang sudah berubah atau memang anak-anak sekarang yang sudah tidak mengenal bentuk-bentuk permainan itu sendiri yang akhirnya lambat laun ditinggalkan, dilupakan dan hilang.
begitu baru akan bermain rasanya merupakan hal yang sangat menyenagkan karena permainan-permainan tradisionall pada umumnya tidak dimaisnkan sendiri tetapi bersama-sama. Tercipta keakraban dan kebersamaan yang begitu manis diingat.

Permainan-permainan tersebut antara lain kleci, main gambaran,congklak,main tali,main benteng, kasti, main panggal (bahasa kerennya gasing), main umpet, main layangan, dll -tolong deh disebutin mana yang belum-






Semasa SD dulu kita masih memainkan ini semua, tetapi selepas lulus SD sebagian besar sudah tidak lagi karena harus bersekolah keluar daerah (kecamatan) yang tidak memungkinkan lagi untuk main karena kesibukan belajar yang tidak boleh ditinggalkan.


Apakah anak cucu kita akan tahu akan permainan-permainan tradisional ini..
Semoga saja masih ada kelak yang mewariskan semua..

2 komentar:

  1. maen galasin itu yang pake garis kotak2 bisa 6 atawa 8 tergantung jumlah pemain. ada penjaga dan pemain yang berusaha melewatinya.

    BalasHapus
  2. hehe..
    masih inget aja..
    sayang dah gak ade yg nglestariin ya bro..

    BalasHapus