Jumat, 14 Maret 2014

Apakabar Layar Tancep?



Sesuai ama namanya, hiburan rakyat ini berupa layar lebar putih polos dengan ukuran empat persegi panjang yang diiket dikedua sisinya make bambu dan ditancepin. Kenapa tiba-tiba jadi ngomongin layar tancep? Seminggu lalu persis disamping kost-an ada layar tancep tiba-tiba berdiri entah ada yang hajatan atau karena acara apa.. yang jelas ada layar lebar sama suara sound khas layar tancep lagi dipanjak.. jadi keinget waktu bocah dulu di Bulak Temu.

Bagi ente-ente yang berajak gede di sekitaran tahun 90-an pasti familiar dengan hiburan ini. 


Kalo di bekasi, layar tancep sering kita sebut pelm, hiburan favorit keluarga kalo ada tetangga yang hajatan ya kalo kebetulan naggapnya pelm, pelm juga sering ada dulu pas perusahaan rokok lagi promo produk keliling kampung. Kalo ada pelm mesti juga ada tukang bupet, bakso, mie ayam, tokang koprok (itu judi dadu modal serebu yang hadiahnya telor bebek) ama yang ga ketinggalan tukang jual kue jalabia.. kue khas betawi bekasi yang ada kalo musim kawin tiba. Semua tukang jualan ngejejer tumpah ruah rame jaya dah pokoknya..


Biasanya sekeluarga diajak nonton ampe bawa tiker buat duduk didepan layar apa lagi pas cuaca mendukung ama terang bulan.. berasa lagi nonton di XXI dah..

Layar tancep masuk ga ya dalam khasanah kebudayaan kita?

Coba bayangin wilayah di mana lagi yang ampe sekarang masih ada hiburan macem beginian?
Yah.. semoga masih ada yang nglestariin, seperti kita tahu, dengan semakin majunya teknologi, dirasa layar tancep udah keilangan pamornya.. pelmnya itu-itu aja, jarang ada yang baru. Moga juga kelak masih ada ini hibuan, biar anak cucu juga tahu bagaimana bentuknya layar tancep itu..hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar